Home » , » Sejarah Sebab Terjadinya Perang Dunia Ke II

Sejarah Sebab Terjadinya Perang Dunia Ke II

Written By MRizal Wrc on Sabtu, 01 Desember 2012 | 12/01/2012

Sebab Terjadinya Perang Dunia Ke II - Keadaan politik Internasional menjelang Perang dunia II menyerupai keadaan tahun 1900-1914 sebelum perang dunia I. Ada yang menyatakan bahwa perang dunia 2 merupakan lanjutan perang dunia I. Perang dunia I merupakan balas dendam Perancis terhadap Jerman karena di permalukan dalam kekalahan ketika kalah perang tahun 1879-1871. Selain itu dalam masalah industri, Jerman juga bersaing dengan Inggris.

Dengan persaingan itu maka terbentuklah persekutuan militer (aliansi). Ada dua persekutuan, yakni triple alliance yang kemudian dikenal dengan blok Sentral yang terdiri dari Jerman, Austria dan Italia. Triple Entence yang kemudian disebut dengan blok sekutu yaitu terdiri dari Prancis, Inggris dan Rusia atau Uni Sovyet.

Pada tahun 1914 tepatnya tanggal 1 Agustus Jerman mengumumkan perang terhadap Uni Sovyet dan disusul Prancis mengumumkan perang terhadap Jerman tanggal 3 Agustus 1914. Kemudian tanggal 4 Agustus Inggris mengumumkan perang terhadap Jerman. Selajutnya berkecambuklah perang yang hampir melibatkan seluruh dunia dikenal dengan nama perang dunia 1.

Perang berakhir dengan kekalahan Jerman yang menyerah pada tanggal 11 November 1918. Sebagai pihak paling kalah Jerman harus membayar ganti rugi kepada sekutu dengan dikuatkan dalam perjanjian Perjanjian Versilles pada tahun 1919. Kekalahan Jerman dengan telak ini meberikesempatan kepada Adolf Hitler membangkitkan bangsanya untuk melakukan balas dendam kepada Prancis.

Adolf Hitler mengembangkan fasilitas dan kemudian memulai perang dunia 2 menyerbu Polandia pada tanggal 1 september 1939 di kota Denzig. Peristiwa itulah yang menjadi sebab terjadinya perang dunia 2.


semoga Informasi tentang Sejarah diatas Bermanfaat .. :D 
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

SHARE YOUR MIND !
Pengunjung yang Baik Selalu Meninggalkan Komentarnya ...
Harap Berkomentar dengan Sopan dan Baik ..
No Live Link Bagi siapa yang berkomentar live Link langsung Saya Hapus..
Jika Ingin Menggunakan emotion dibawah Klik dan Copy Paste simbolnya ..
terima Kasih!

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Mr RealFact - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger