Home » » Ternyata Es Krim Bisa Bisa Dikirim Ke Luar Angkasa

Ternyata Es Krim Bisa Bisa Dikirim Ke Luar Angkasa

Written By MRizal Wrc on Senin, 08 Oktober 2012 | 10/08/2012

Es Krim Juga Bisa Dikirim ke Luar AngkasaLiputan6.com, Florida: Menggunakan jasa kargo dengan pesawat atau mobil sudah biasa. Namun bagaimana jika jasa kargo menggunakan roket? Ya, inilah yang dilakukan sebuah jasa kargo komersial yang meroket ke orbit pada Ahad. 

Pesawat luar angkasa itu menuju ke stasiun luar angkasa internasional. Barang-barang yang dibawa bermacam-macam. Bahkan kargo itu juga membawa es krim untuk para astronot di luar angkasa.

Jasa kargo itu merupakan pertama kalinya di bawah kontrak besar dengan NASA. Ini merupakan peluncuran kedua kapsul Dragon ke laboratorium oleh perusahaan SpaceX yang berbasis di California. Peluncuran pertama dilakukan pada musim semi lalu.

Peluncuran roket itu bukan untuk uji coba. Di dalamnya ada 1.000 pound (453 kilogram) kebutuhan untuk penelitian sains serta peralatan berharga lainnya. Di sana juga ada es krim cokelat vanila yang disimpan di freezer untuk orang-orang yang ada di stasiun luar angkasa. Namun belum diketahui bagaimana keadaan es krim itu jika sampai di stasiun luar angkasa.

Roket Falcon tanpa awak itu meluncur ke langit di malam hari tepat pda waktunya. Targetnya misi SpaceX itu bisa sampai ke stasiun ruang angkasa pada Rabu. 

Beruntung, dengan jasa kargo ini sampah antariksa tak lagi membahayakan stasiun antariksa. Jadi NASA bisa fokus sepenuhnya pada misi peluncuran, Senin (8/10). 

Biasanya NASA menggunakan bisnis swasta untuk mengisi kebutuhan di stasiun ruang angkasa, namun pesawat angkutan itu sudah pensiun dan masuk ke museum. Alhasil badan antariksa itu melakukan kontrak dengan SpaceX $16 miliar untuk 12 kali misi peluncuran.

Dragon juga akan meluncur sebanyak dua kali untuk membawa sampel darah astronot dan sampel urine. Hampir 500 sampel disimpan di freezer sejak Atlantis mengangkasa sejak Juli 2011. Dragon akan menghabiskan waktu hampir tiga minggu di stasiun ruang angkasa, sebelum kembali ke Pasifik pada akhir Oktober. Pada saat itu, enam kru stasiun ruang angkasa harus dibawa.

Tak satu pun pesawat kargo dari Rusia, Eropa, dan Jepang, yang dapat balik membawa barang-barang. Mereka hancur saat masuk kembali. Kapsul Soyuz Rusia juga telah membatasi ruangnyamembawa selain orang. 

Space Exploration Technologies Corp (SpaceX) dimiliki PayPal, milik Elon Musk. Dragon yang tak berawak bisa membawa astronot ke stasiun ruang angkasa dalam tiga tahun ini.

Musk, yang memantau peluncuran misi kontrol SpaceX dari Hawthorne, California, menilai bahwa usaha membawa manusia ke luar angkasa merupakan sebuah fantasi. Dan nama Falcon datang dari Millenium Falcon di Star Wars. Peluncuran misi SpaceX itu menarik perhatian. Sekitar 2.400 tamu memadati peluncuran Falcon dengan Dragon.

"Hanya setahun setelah angkutan itu pensiun untuk bisa melakukan misi ini. Saya pikir orang-orang sangat terkesan," kata Wakil Administrator NASA, Lori Garver.

SpaceX kembali menyuplai ke luar angkasa pada Januari. Sementara perusahaan lainnya yang juga akan mengangkut kargo ke ruang angkasa, Orbital Sciences Corp, berharap bisa melakukan uji penerbangan tunggal pada Desember dan misi demo ke stasiun luar angkasa pada tahun depan.(nydailynews/MEL)


Sumber
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

SHARE YOUR MIND !
Pengunjung yang Baik Selalu Meninggalkan Komentarnya ...
Harap Berkomentar dengan Sopan dan Baik ..
No Live Link Bagi siapa yang berkomentar live Link langsung Saya Hapus..
Jika Ingin Menggunakan emotion dibawah Klik dan Copy Paste simbolnya ..
terima Kasih!

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Mr RealFact - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger