Home » » Virus Mirip SARS Tak Mudah Menular

Virus Mirip SARS Tak Mudah Menular

Written By MRizal Wrc on Kamis, 27 September 2012 | 9/27/2012

Penyakit infeksi saluran napas pada manusia terbaru yang disebabkan oleh virus yang berasal dari famili virus SARS, coronavirus, ternyata tidak mudah menular. Demikian pernyataan terbaru dari WHO mengenai perkembangan penyakit tersebut. 

Kasus kedua penyakit tersebut adalah warga negara Qatar, pria berusia 49 tahun yang punya riwayat perjalanan ke Saudi Arabia. Corona virus pada pasien tersebut identik dengan kasus pertama yang menimpa warga Saudi Arabia (60) yang meninggal dengan radang paru.

Menurut WHO, Jumat (28/9), coronavirus baru ini sepertinya tidak mudah menular antar manusia. Virus corona adalah penyebab infeksi saluran napas pada manusia, sebagian besar dalam bentuk ringan seperti batuk atau flu, meski ada juga yang menimbulkan kematian yakni SARS-corona virus. 

Virus yang ditemukan pada dua kasus terbaru ini bukanlah SARS-corona virus dan berbeda dengan coronavirus yang pernah diidentifikasi pada manusia. Meski begitu, kedua pasien yang terinfeksi virus tersebut sama-sama menderita gagal ginjal.

WHO mengatakan akan terus memonitor situasi di lapangan namun belum merekomendasikan pelarangan kunjungan ke Saudi Arabia atau Qatar. 

Sementara itu Britain's Health Protection Agency menjelaskan penelitian genetik pada virus mirip SARS itu ternyata hampir sama dengan virus kelelawar. Selain itu para ilmuwan menduga virus itu juga terkait dengan onta, domba, atau kambing. 

Ralph Baric, pakar coronavirus dari Universitas of North Carolina mengatakan perlunya mengetahui bagaimana virus itu menyebar pada binatang dan kontak seperti apa yang beresiko bagi manusia. 

"Mungkin kalelawar menularkan virus itu langsung pada manusia karena kedua kasus hanya berbeda bulan. Jika ada pola penularan dari hewan lain tentu kasusnya lebih banyak," katanya seperti dikutipAssociated Press.

Mengetahui darimana asal penularan virus ini akan membantu mencari cara pencegahan dan bagaimana menghentikan proses penyebaran virus 

Sumber
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

SHARE YOUR MIND !
Pengunjung yang Baik Selalu Meninggalkan Komentarnya ...
Harap Berkomentar dengan Sopan dan Baik ..
No Live Link Bagi siapa yang berkomentar live Link langsung Saya Hapus..
Jika Ingin Menggunakan emotion dibawah Klik dan Copy Paste simbolnya ..
terima Kasih!

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Mr RealFact - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger